Apa itu Blackmarket..???


Istilah BM atau Black Market, tepat nggak sih ?


Dear all,

Sering banget ya kita dengar istilah BM dalam transaksi jual beli barang sehari-hari, khususnya yang berjenis elektronik (HP, BB, Home appliance dll) ,kesannya diskriminasi banget ya.

Jujur, gua kurang atau bahkan tidak setuju dengan istilah ini ( boleh dong ). Kenapa alasannya? Karena menurut gua istilah Black Market itu lebih cocok untuk jenis-jenis barang yang termasuk pelanggaran hukum kategori berat, seperti narkoba dan senjata atau barang- barang hasil kejahatan/pencurian misalnya.

Kalau ada yang bilang karena barang jenis elektronik itu banyak yang selundupan, itu tidak sepenuhnya salah, tapi kan banyak juga pakaian selundupan, kendaraan bermotor selundupan, obat-obatan medis selundupan dan lainnya, kenapa ga disebut Baju BM, mobil BM atau obat BM?? Lagian selundupan pun masuknya "bayar" tuh dengar-dengar atau krungu-krungu atau listen-listen" dari kabar yang beredar dan rasanya sudah jadi rahasia umum.

Contoh misalnya pedagang beli Handycam di amazon.com/situs belanja luar lainnya, dikirim ke Indonesia via Pos, sampai di Indonesia bayar cukai di kantor Pos, lalu di jual lagi, masa namanya barang BM, kan ngga banget, belinya di tempat yang jelas, dikirim bayar ongkos kirim, sampai di Indo pun bayar bea masuk/pajak, jelas dong, masa BM….

Nah, kalau sependapat, gua ingin mengajak loe semua, mulai dari sekarang untuk kita tidak menyebutkan istilah BM bagi transaksi barang-barang yang diluar kategory pelanggaran hukum/kriminal berat sperti narkoba atau senjata contohnya. Supaya kesannya jadi lebih bersahabat buat kita sebagai pembeli, gua yakin penjual pun setuju.

Kalau soal penetapan harga untuk barang-barang dengan kategori Non Garansi Resmi atau Garansi Toko/Luar Negeri/Import yang pasti biasanya lebih murah dari harga barang dengan status Garansi Resmi, itu sepenuhnya merupakan pilihan dewasa dari konsumen. Tinggal secara dewasa dan bijaksana sebagai konsumen kita pilih mana yang akan dibeli, tentunya sesuai dengan daya beli kita juga kan. Toh pilihan itu akan ada konsekuensi yang harus diterima oleh konsumen juga.

Terimaksih sudah baca trit ini, maaf kalau ada kata kata yang kurang berkenan ataupun menyinggung pihak pihak tertentu, gua ga ada maksud sama sekali untuk itu.

SEKILAS TENTANG _COD & REKBER_ :

Seperti pada artinya yaitu pembayaran setelah barang sampai memang meyakinkankan untuk bertransaksi online, namun sistem ini kadang di salah gunakan oleh para konsumen yang ingin membeli barang namun tidak ingin membayar nya. seperti kasus yang pernah saya alami kemarin, singkat cerita konsumen saya meminta untuk COD dan karena saya memang berniat baik untuk berdagang saya turutin aja sistem COD nya. Namun setelah barang yang saya kirimkan ke alamat nya sudah sampai, si pembeli tidak mentransfer uang nya dengan alasan yang tidak jelas dan ketika saya hubungi berulang kali , dia malah menon-aktifkan nomer nya.

Mengenai REKBER , kita punya pengalaman buruk sama rekber… nama rekber ny ga usa disebutin…. waktu itu ane kirim Laptop ke jakarta….. 2 hari kemudian barangnya sampai di tangan pembeli… lalu saya minta duitnya ke rekber tapi ga dikirim.. katany mesti nunggu konfirmasi pembelinya .. padahal kita sudah kasi liat no resi Jne nya dan ditulis brg sudah TERKIRIM…
ya uda kita tunggu konfirmasi dari pembeli… kita kirim sms ke pembeli, katany besok ia kasi tau ke rekber nya… EH besokny malah dia blg ke rekber bahwa barang yg saya kirim ga cocok dengan dia… jadi ga jadi beli…. alhasil kita pun kembali dengan tangan kosong dan dengan laptop dari baru menjadi laptop yang rakitan..setelah diotak atik oleh pembeli tersebut…..
itulah sekilas cerita ttg rekber dari kita… saudara bisa liat kok yg ga suka sistem rekber dan mengalami kejadian serupa… tinggal search aja….
jadi bukan berati kita ga maw rekber…
thanks atas pengertiannya


BUKA MATA ANDA DAN CEPAT PESAN BUKTIKAN SENDIRI

BUKA MATA ANDA DAN CEPAT PESAN BUKTIKAN SENDIRI
KAMI TIDAK SEKEDAR JANJI

Rudi saharja, Surabaya


RECOMENDED SELLER!!!!
terima kasih pak Sugeng…
orderan saya apple iphone 4G 32GB sudah sampai…
ntar order lagi
thx ya…
keep work..!!thank you pak ...?

Mantabs pelayanannya…
Bener2 RECOMMENDED SELLER..

Tq .......
apple iphone orderan saya sudah sampai.
untuk orderan berikutnya harga bisa di kurang lagi kan pak.
he…he…he..
By: Ronny


Maaf nih baru bisa kasih testy , dua hari lalu tepat jam 23.50 WIB barang pesanan saya berupa apple ipad 32GB wifi sudah sampai , nanti saya hubungi lg ke pak sugeng untuk orderan berikutnya , Terima kasih ....

Dian .

RECOMMEND SELLED

terima kasih mas Sugeng , barang pesanan saya Apple Macbook Pro sudah saya terima, mas sudah memegang kepercayaan sya dengan penuh, awalnya saya khawtir karena belakangan ini maraknya kasus penipuan, tp untung ada pak sugeng yg benar2 penjual barang BM. jadi saya sebagai mahasiswi bisa mempunyai laptop bagus deh... :)
he…he….
Tq: Ratih

yori

Thank you mas…
Barang sudah sampai ke alamat saya.
.

top margotop dahhh….
sukses terus pak Sugeng…
RECOMENDED SELLER…….

I love you full pak Sugeng...

Mantap! order langsung cepat banget prosesnya

best seller………….

joy:
Sukses terus Bpk.Sugeng.


hanya dua kata
SANGAT PUAS



By: galih

Sukses teruzzz pak Sugeng...
Thanx
By: Prima.
Jam 1 pagi gw sms, si bos udah tidur..
tapi jam 9 pagi langsung dibales.. saluutt gw!

Gw pesen jam 9an, Jam 5 sore ke esokannya barang udah sampe..
bedeeehhh! Mantep banget dah ini pelayanan..

TOP MARKOTOP! SIP MARKISIP!

SANGAT SANGAT SANGAT MEMUASKAN.

SUPER RECOMMENDED SELLER!!

PELAYANAN RAMAH, JADWAL SAMPAI BARANG TEPAT WAKTU, KUALITAS MANTAPH!!

DIJAMIN HIGHLY RECOMMENDED SELLER GAAANN!!

telah diterima Apple iPhone 3Gs dengan kondisi yang mantap. bravo black market indonesia.……….. HERUSalam,black market Indonesia. terima kasih untuk barang yang sudah sampai. semoga untuk kedepan kita dapat bekerja sama terus.Hormat,Bernie.mas, order saya sudah terima nih.. makasih.